Sabtu, 27 Agustus 2011

Resep Aneka Makanan Khas Madura

1. Soto Madura
  • Bahan yang perlu dipersipakan untuk membuat soto Madura, yakni :

    * 250 gram daging ayam rebus, suwir atau 250 gram daging sapi diiris tipis
    * 5 butir telur rebus, iris
    * 250 gram kentang rebus, iris
    * 100 gram tauge, buang akarnya lalu cuci bersih, siram dengan air panas
    * 5 ikat daun bawang, iris
    * 1 batang serai, memarkan
    * 5 batang daun seledri, iris halus
    * jeruk nipis
    * bawang goreng

    Bumbu yang dihaluskan:

    * 3 butir bawang merah
    * 2 siung bawang putih
    * 5 buah kemiri
    * 1 ruas jari jahe
    * 1 ruas jari lengkuas/laos
    * 1 sdt merica
    * garam secukupnya

    Cara Membuat:

    Rebus ayam/daging sapi dengan air secukupnya sampai matang. Angkat, suwir daging ayam atau iris daging sapi. Sisihkan.

    Masukkan bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan serai ke dalam kaldu ayam/daging. Masak hingga kuah mendidih, angkat.

    Ketika siap dihidangkan, tata dalam mangkok, irisan telur, kentang, tauge dan suwiran ayam/potongan daging. Siram kuahnya, taburi irisan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Hidangkan bersama sambal soto dan irisan jeruk nipis.

    Menu makanan khas Madura itu cukup untuk 4-5 orang. Mudah membuatnya kan? Selamat mencoba
  • 2. Rujak Madura

    Bagi orang Madura tidak akan asing menu makanan yang satu ini, Rujak Madura. Tapi belum tentu tahu bagaimana cara membuatnya. Masyarakat ditanah air, justru tidak asing lagi dengan rujak Madura, sebab, disudut-sudut kota di Indonesia, sudah ada warga Madura yang menjualnya. Lalu, bagaimana cara membuatnya?.
    Untuk membuat rujak Madura, anda perlu mempersiapkan bahan-bahanya terlebih dahulu, meliputi ;

    100 gr taoge, seduh air mendidih setengah menit, tiriskan
    100 gr kol, iris tipis, seduh air mendidih 1 menit, tiriskan
    100 gr kacang panjang iris kasar atau potong2, seduh air mendidih 3 menit, tiriskan
    100 gr mentimun, iris tipis

    Saus, blender jadi satu:
    100 gr kacang sangrai/goreng
    Cabe rawit secukupnya
    2 sdm petis ikan
    ¼ sdt terasi goreng
    Sedikit garam
    1 sdm bawang putih goreng
    Air matang secukupnya

    Pelengkap:
    Tahu & tempe goreng, potong2
    Krupuk kampung

    Lalu bagaimana cara membuatnya;

    Tata sayuran di piring, beri potongan tahu & tempe goreng, siram saus & taburi kerupuk.
    Siap disajikan. Sepertinya sulit, tapi kalau dicoba pasti bisa dan akan ketagihan.

    3. Bubur Kacang Hijau Madura

    salam untuk semua saudara, teman, keluarga di madura

    Bahan
    250 gr kacang hijau, rendam dengan air 2 jam dengan wadah tertutup
    500 ml air
    100 gr nangka matang; iris (opt)
    2 lembar daun pandan, potong2
    100 gr kolang kaling, cuci, tiriskan (opt)
    100 gr gula merah, sisir
    1 sdm tepung maizena, larutkan dalam 2 sdm air
    1/2 sdt vanilla esence
    150 ml santan kental
    gula pasir (opt)

    Cara membuat
    1. Didihkan air, masukan kacang hijau dan pandan
    2. Kecilkan api, tutup dan biarkan sampai kacang empuk
    3. Masukkan gula, pandan, vanila, garam, nangka, kolang-kaling, dan santan, aduk
    4. Besarkan api sampai mendidih, cicipi, tambahkan gula pasir jika kurang manis
    5. Masukkan larutan maizena, aduk cepat, angkat, sajikan panas, hangat, atau dingin

    Catatan
    Banyak di jual di kios-kios pinggir jalan di Indonesia nih :) Biasanya digabung dengan bubur Ketan Hitam dan santan terpisah, saus santan, mengusung nama : Bubur Kacang Ijo dan Ketan Item, heu heu heu … khas sekali. Jadi inget pelajaran Bahasa Indonesia di SD, kata ibu guru: “Contoh penggunaan yang salah: bubur kacang ijo dan ketan item, eh tapi, kalian jangan negur tukang dagangnya yaaa…” heuheu si ibu ada2 saja :D

    Ada juga yang menggunakan santan terpisah. Santan pada bubur di-skip, gantinya dibuat saus santan. Bagus untuk yang sebagian anggota keluarganya tidak menyukai santan. Saus santan dibuat seperti saus santan pada Bubur Candil

    4. Sate Madura

    Sate Ayam adalah makanan khas Indonesia khususnya Pulau Madura. Sate Ayam dibuat dari daging Ayam. Pada umumnya sate ayam dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar diatas bara arang. Dan disajikan selagi hangat dengan pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong atau nasi.

    Bahan:

    * 250 g fillet ayam, potong dadu, tusuk dengan tusukan sate
    * 1 buah jeruk nipis, iris
    * 3 butir bawang merah, iris tipis
    * 5 sdm kecap manis
    * nasi putih atau lontong secukupnya

    Bumbu Kacang:

    * 3 butir bawang merah
    * 4 butir bawang putih
    * 100 g kacang tanah, goreng
    * 2 butir kemiri
    * garam secukupnya
    * 150 ml air kaldu
    * 2 sdm minyak goreng

    Sambal Bawang:

    * 4 siung bawang putih
    * 10 buah cabe merah kecil
    * garam secukupnya
    * minyak goreng secukupnya

    Cara Membuat:

    1. Bumbu Kacang: campur bawang putih, bawang merah, kacang tanah, garam, dan kemiri, haluskan. Panaskan minyak, tumis hingga harum, masukkan air kaldu, masak hingga mengental. Angkat.
    2. Campurkan 2 sdm bumbu kacang dengan 2 sdm kecap manis, celupkan sate, bakar hingga setengah matang. Angkat dan gulingkan kembali dalam bumbu, bakar hingga matang, angkat.
    3. Sambal bawang: panaskan minyak, tumis bawang putih hingga setengah matang, angkat. Campur bawang putih, cabe merah kecil, dan garam, haluskan.
    4. Sajikan sate ayam dengan bumbu kacang, kecap manis, bawang merah, sambal bawang, jeruk nipis, dan nasi putih atau lontong.

    Te .. satte … senangnya .. bgaimanapun ane bangga sebagai maduranese …

    jaga persatuan .. hindarkan provokasi

    5. Satai Odheng Madura

    Bahan :

    * 1 kg udang besar

    * 2 sdm air jeruk nipis

    * 1/2 sdt garam

    * 15 bh tusuk sate

    Haluskan:

    * 8 bh bawang merah

    * 1 sdt gula merah

    * 4 siung bawang putih

    * 5 bh cabai merah

    * 4 btr kemiri

    * 1 sdt lada

    * 1 sdt garam

    * 2 sdm air jeruk nipis

    Cara Membuat :

    * Cuci bersih udang, belah punggungnya, lumuri udang dengan air jeruk nipis dan garam.

    * Campur bumbu halus dengan udang, diamkan selama 30 menit.

    * Tusuk masing-masing udang, dengan tusuk sate, dari ekor sampai kepala. Bakar di atas bara api sambil di olesi bumbu hingga rata, sambil dibalik-balik hingga udang berubah warna dan matangnya rata. Angkat.

    * Sajikan hangat dengan nasi putih.

    6. Gulai Madura

    Bahan :

    * 400 gram daging kambing, dipotong 2 cm

    * 2 cm lengkuas, dimemarkan

    * 2 butir cengkeh

    * 1/8 sendok teh kelabet

    * 1 batang serai, dimemarkan

    * 550 ml santan dari 1/2 butir kelapa

    Bumbu Halus :

    * 6 butir bawang merah

    * 2 siung bawang putih

    * 1 sendok teh ketumbar sangrai

    * 1/4 sendok teh merica sangrai

    * 1/8 sendok teh pala

    * 1 cm kayumanis

    * 1 sendok teh garam

    Cara Membuat :

    1. Tumis bumbu halus, lengkuas, cengkeh, kelabet, dan serai sampai harum dan matang.

    2. Masukkan daging lalu aduk hingga berubah warna.

    3. Tuang santan sedikit demi sedikit lalu masak sampai bumbu meresap

    Untuk 6 porsi

    7. Bebek Goreng Madura

    Nasi Bebek yang khas Surabaya, dengan pengolahan yang tepat siapapun pasti bisa memasaknya dengan bebas amis dan enaaakkkk…. Kebetulan penjual Nasi Bebek yang enak di Surabaya rata2 orang madura, sayang penyajiannya kurang khas madura.
    Gue bereksperimen mereka2 sendiri resep Nasi Bebek agar brasa khas madura, melalui pemilihan bumbu & rempah2nya, ga ketinggalan pelengkap yang khas madura: POYAH KELAPA KUNING ! :D

    Tips menghindari amis:
    Pilih yang jantan, unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina, otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal.
    Buangin bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus.

    NASI BEBEK MADURA
    Bahan:
    1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera
    2 sdm cuka
    400 ml air matang
    2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak
    6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    Bumbu Halus:
    5 siung bawang putih
    8 butir bawang merah
    1.5 sdt ketumbar sangrai
    0.5 sdt merica butiran sangrai
    4 cm jahe (diameter skitar 2 cm)
    3 cm kunyit (diameter 1.5 cm)
    4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm)
    5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda), iris2
    8 butir kemiri
    2 sdt garam
    Cara:
    Lumuri potongan bebek dengan cuka, diamkan 20-30 menit di kulkas. Cuci sampe benar2 bersih.
    Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya, diamkan di kulkas 30 menit.
    Masukin panci presto, tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis.
    Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis, buka dan tiriskan bebek dari bumbunya.
    Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka.
    Tips:
    Kalo ngga ada panci presto, diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk).

    Saus Kuning
    300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental, buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Sisihkan.

    Sambal Bawang
    Bahan:
    3 butir bawang merah, iris kasar
    4 buah cabe merah, iris halus
    Cabe rawit secukupnya
    1 buah tomat matang ukuran sedang, cincang kasar
    ½ sdt terasi goreng
    ½ sdt garam /secukupnya
    1 sdt gula /secukupnya
    4 sdm minyak
    100 ml air matang
    Cara:
    Panasin minyak, tumis bawang merah, cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar.
    Masukin tomat, tuangin air. Masak sampe air menyusut.
    Pindahkan semua ke cobek, ulek bersama terasi, garam & gula.
    Note:
    Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Jadi selain sambel bawang diatas, silakan pake sambel andalan masing2 :D

    Poyah Kelapa Kuning
    Bahan:
    200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
    Bumbu halus:
    1 siung bawang putih
    ½ sdt garam
    1 cm kunyit
    2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
    Cara:
    Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering.
    Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata.
    Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples.

    Pelengkap lain:
    Nasi hangat
    Irisan tomat & mentimun
    Petikan daun kemangi
    Irisan jeruk nipis
    Lalapan lain sesue slera

    Penyelesaian:
    Taruh nasi anget di piring, tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya, taburi poyah kelapa.
    Sajikan bebek goreng, sambel & lalapan di tempat terpisah.
    Nyaaaaaaaammmm……………..

    WARNING !!
    Bebek mengandung kolesterol tinggi. Yang diet kolesterol makannya secuiiiilllll aja ya, banyakin lalapannya ajah

    8. Nasi Serpang : Pusaka Kuliner Madura

    usaka kuliner pantas disematkan pada Nasi Serpang. Ia diracik berdasarkan resep masakan para leluhur warga Madura. Nasi Serpang merupakan masakan paduan dari bahan makanan segala penjuru, maksudnya dari penjuru daratan, pantai sampai dengan lautan. Dari ikan laut sampai dengan daging hewan daratan.

    Bahan makanan yang dimaksud, antara lain:
    * Nasi

    * Pepes ikan tongkol

    * Kerang dimasak sambal goreng

    * Soun bumbu kecap

    * Telor asin masir

    * Sambal terasi

    * Krupuk rambak bumbu rujak

    * Dendeng daging sapi Madura

    * Kripik paru

    * Rempeyek ikan teri dan kacang
    Bagaimana? Lauknya colour full, khan? inilah Kekhasan Nasi Serpang.

    Satu lagi kekhasan Nasi Serpang, yaitu nyaris tak ada sayur yang nongol di belantara lauk pauknya. Hal ini juga akan Anda jumpai hampir di setiap masakan made in Madura. Mau yang Sate Madura, Soto Madura, Topa’ Ladha.

    Kesimpulannya: Kaya Lauk, Minim SayurBermacam-macamnya lauk Nasi Serpang mengajak kita menjelajah cita rasa masakan pedalaman hingga pesisir. Belantara cita rasa pedalaman dapat Anda temui pada lauk Dendeng daging sapi yang bahan dasarnya adalah daging Sapi Madura. Cita rasa pedalaman juga bisa Anda gali dari secuil telor asin masir yang bahan dasarnya telur bebek.

    Sementara cita rasa pesisir dapat Anda telusuri dari Pepes ikan tongkol yang berwarna merah karena ada keterlibatan unsur cabai merah dan tomat. Rasanya? Pasti ada asinnya dong, khan bernuansa pesisir. Anda juga bisa memergoki rasa pesisir bercampur pedalaman dari kerang yang dimasak dengan bumbu sambal goreng.

    Sambal terasi Nasi Serpang pasti dengan mudah dapat Anda bedakan dengan sambal terasi ala masakan Jawa. Sambal terasi khas Madura teksturnya kasar dan liat menyerupai petis, jadi tidak cair. Konsep sambal terasi seperti ini juga dapat Anda jumpai pada masakan khas Kabupaten Gresik-Jawa Timur; Nasi Krawu.

    Maklum, kreator Nasi Krawu tak lain adalah orang-orang Madura yang merantau ke Gresik. Akhirnya cita rasa Nasi Krawu tak jauh dari masakan khas Madura.
    Mari kita lanjutkan pengembaraan di belantara cita rasa Nasi Serpang.

    NASI…..

    Sumber karbohidrat pada Nasi Serpang ini memiliki rasa punel. Cita rasa ini diperoleh bukan hanya dari bahan dasar beras yang berkualitas namun juga dari tata cara pendinginan nasi.

    Nasi dalam penyajian masakan khas Madura, mayoritas disajikan dalam keadaan dingin. Mulai dari Soto sampai dengan Sate, bila dalam penyajiannya disandingkan dengan nasi, maka nasi tersebut lebih sering dijumpai dalam keadaan dingin.

    Teknik pendinginan ini sangat khas sehingga tak hanya berdampak pada suhu nasi menjadi dingin, namun juga mengakibatkan rasa punel mendekati tingkat liatnya ketan. Ini tidak mengada-ada.

    Cobalah Anda bandingkan antara nasi dingin buatan jenis masakan lain dengan Nasi Serpang. Sensasi liat dari Nasi Serpang meski dalam keadaan dingin membawa kita pada sudut lain dari dunia makan-memakan.

    Teknik pendinginan inilah yang membedakan nasi dalam unsur masakan Madura dengan nasi pada masakan asal daerah lainnya. Hal serupa dapat Anda jumpai pada kasus jamu. Jamu ramuan Madura tentu berbeda sensasinya dengan ramuan daerah lain. Meski nama, atau jenis atau manfaatnya sama yaitu JAMU…..

    9. Nasi Lemak Madura

    BAHAN
    * Nasi lemak
    * Bahan
    * 2 ½ cup beras
    * 3 cup santan, atau bisa diukur banyaknya santan 1 ruas jari diatas beras
    * 2 siung bawang putih haluskan bersama 1 bh bw merah
    * Seiris tipis jahe, memarkan
    * 2 lbr daun pandan, ikat lalu robek2
    * 1 sdt garam
    * ½ sdt chicken stock*optional*

    Cuci bersih beras, masukkan dlm rice cooker. Campurkan semua bahan ke dalamnya, aduk rata, masak. Perlu jg sesekali diaduk agar santan tercampur rata dg nasi

    Ayam Palappa Mera

    Bahan

    * 1 ekor ayam, potong2, cuci bersih lumuri dg sedikit garam dan jeruk nipis. Remas2 diamkan sebentar
    * 3 lbr daun jeruk
    * 1 btg sereh digeprek
    * 1 sdt air asam
    * 2 sdm kecap manis
    * 2 gelas santan
    * Bumbu haluskan
    * 5 bh bw merah
    * 3 siung bw putih
    * 4 bh cabe merah, buang bijinya
    * 4 bh kemiri
    * 1 bh tomat

    Cara membuat

    * Cuci bersih ayam sekali lagi
    * Tumis bumbu hg harum, masukkan sereh daun jeruk, dan ayam. Aduk2 hg ayam berubah warna
    * Tambahkan santan dan air asam, aduk rata, terakhir beri kecap dan garam
    * Masak terus ayam hg matang dan kuah mengental

    Pelengkap

    Teri goreng

    Kacang goreng

    Telur rebus/telur dadar iris

    Timun

    Sambal bajak/sambal blacan

    10. Petis Ola Telur Madura

    Bahan:

    * 6 butir telur, direbus

    * 2 lembar daun jeruk purut

    * 500 ml santan (1/2 butir kelapa)

    * 1 sendok makan petis

    * 10 buah cabai rawit utuh

    Bumbu halus:

    * 5 siung bawang putih

    * 2 cm jahe

    * 2 cm kunci

    * 2 cm kunyit

    * garam

    Cara membuat:

    * Kupas telur rebus, sisihkan.

    * Tuang santan ke dalam panci.

    * Tambahkan daun jeruk, petis, dan bumbu halus.

    * Lalu rebus sambil diaduk hingga mendidih.

    * Masukkan telur dan cabai rawit.

    * Masak hingga bumbu meresap.
  • sumber:
    Muhammad Subhan Al-Pandiany
Bagikan

23 komentar:

  1. salam kenal mas, saya pernah tahu ada masakan namanya Adun,ayam dengan kuah bersantan warna merah kecoklatan. rasanya sedep banget, bisa bagi resepnya..? -ita, surabaya- fb: ita_rafita

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenal balik mbak Ita, duh saya kok nggak pernah dengar nama masakan itu ya...sorry bila nggak bisa share resepnya....

      Hapus
    2. Kalau pingin tahu silakan mencicipi. Datang ke tempat ksmi

      Hapus
  2. mator sekelangkung giiihhhh

    BalasHapus
  3. kok ga tau mas,, keluarga saya di Bangkalan kadang memasakkan saya ayam adun kalo saya pulang kampung, sayangnya saya ga tau resepnyA YA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai orang Bangkalan, sungguh saya belum pernah dengar nama masakan ayam adun...maaf blm bisa bantu.

      Hapus
    2. Kebetulan saya org bangkalan, saya tau bgt "Ayam adun" ini termasuk menu special buat lebaran.. Hehehe bisa nnti saling email ya mba/mas utk tukar resepnya����

      Hapus
  4. thanks infox menarik gan smg sukses,,,..

    http://www.saesalera.com/product/view/31/obat-herbal-keputihan-crystal-x

    BalasHapus
  5. Ayam aduun apakah sama dg ayam lodho?

    BalasHapus
  6. Ayam aduun apakah sama dg ayam lodho?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang dimaksud, bumbu toh lotoh kah?

      Hapus
  7. Salam Kenal mas wahyudi
    Saya pernah beberapa kali makan nasi bebek yang digoreng langsung dgn cabe merah/ rawit di daerah pekayon bekasi dan rawa badak priuk, rasanya gurih, pedas dan bebeknya empuk, kalau mas wahyudi tahu resep bumbunya dan cara pengolahannya, terimakasih sekali kalo mau sharing dengan kami
    Salam - Dody

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang ngasi tau namanya nasi bebek bumbu kretek madura, begitu mas wahyudi, kira kira mas wahyudi tahu resep dan bumbu2nya serta gmana pengolahannya..?
      terimakasih
      salam - Dody

      Hapus
  8. mungkin ayam adun tu lappa mera
    kalo gak ya kuah toh lotoh

    saya org jawa mas asli yogya tp sdh lama bgt di bangkalan
    kalau bulan puasa biasanya kan bxk org jualan
    aakkhh ad bubur yg cm dijual pas puasa ajja, itu namanya bubur apa?resepnya? biasanya juga dibuat kl ad selametan

    BalasHapus
  9. saya lahir jakarta dan besar di jakarta kebetulan orang tua asli Madura bangkalan. dan saya penggemar masakan asli tanah leluhur :D

    setahu saya resep madura itu tiap desa punya khas nya masing-masing CMIIW,
    di salah satu desa mungkin menyebut ayam to lotoh atau di desa lain menyebut ayam adun. atau ayam lodho (secara bahasa to loto atau lodho) hampir mirip yah. soalnya itu ayam karena bumbu santannya pekat sekali sehingga selesai menyantap harus segera di hangatkan atau bisa2 langsung basi :D. yang menjadikan ayam adun itu khas sekali madura adalah teknik pengolahannya dan bahanya tentunya

    untuk bebek sendiri hampir sama lah... ada yang menyebut kretek, cuma di desa saya menyebut kretep. secara bumbu hmm menurut saya berbeda dikit. yang di sebut kretek (mungkin kalau ada yang pernah makan nasi bebek ibu isa klende jaktim) bumbu nya agak hitam dan itu pedas banyak dari lada, berbeda dengan kretep bumbunya agak kuning mungkin agak sedikit banyak kunyit tetapi rasa pedas cabai nya lebih berasa. mungkin ada yang tahu di desa mana yang suka menyajikan khasnya soto bebek :-)

    untuk yang lain daerah tana merah ada daging mirip2 empal bumbu semur cuma bumbunya putih rasa nya gurih santan.nya sedap sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kebetulan penjelasan mas ini sm seperti asalku, aku asal bangkalan & tanah merah. Mmg masakan madura ini gurih2 ya, wlopun kadng penampilannya krg meyakinkan���� tapi rasanya bnr2 enak2bgt..

      Hapus
  10. Akhirnya ketemu jg blog ttg masakan khas madura...makasih udh share.. :) sayang yg saya cari gak ketemu,tetangga saya yg orng madura sering bikin opor ayam khas madura kalo lebaran,namanya plepah adun atw plepah gena'.. Mhn si share resepnya kpn2 kalo ada dong mas..sekelangkong...

    BalasHapus
  11. Hadeeeh susah upload comment via google account,jd anonymous deh.. :( saya bua atie,mas..boleh dong kalo ktmu resep plepah adun nya di email ke atie_iskandar@hotmail.com sekelangkong ghi... :)

    BalasHapus
  12. Masakan madura beda cita rasanya enak bgt, unik tp nyambung. Mohon dishare lagi resep masakan khas Madura yg banyak dari khalayak umum belum tahu terutama yg olahan sayur. Thx

    BalasHapus